Inilah Alat Bantu Presiden SBY Saat Berpidato

Presiden menyampaikan pidato kenegaraan di DPR menggunakan Teleprompter. Berkat alat ini, orang terlihat seperti berbicara lisan tanpa teks.

telepromter sby

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pun menggunakan teleprompter ini dalam pidato kenegaraan saat Kemerdekaan RI ke-64 di Rapat Paripurna DPR. Selain bentuknya sudah lebih canggih (tak sekadar dua lempeng kaca transparan), alat ini bisa berupa running text yang dipasang pada beberapa tempat disudut-sudut gedung sesuai kebutuhan.

Ternyata presiden obama Juga Pakai gan

obama telepromter

Rahasia Obama juga pada teleprompter. Saat berpidato di UI, telepromter seukuran diktat kuliah terbuat dari kaca tampak di sebelah kiri dan kanan.
Meski begitu, pada kasus pidato Presiden Barack Obama di Balairung Universitas Indonesia beberapa waktu lalu, tak ada gangguan terjadi dan presiden itu pun berhasil menyihir enam ribu orang yang memadati ruangan itu.

Teleprompter pada dasarnya merupakan cermin satu-arah, efek yang dibuat menggunakan kaca. Teleprompter terbagi dari tiga bagian, kaca, layar dan kamera.
Cara kerjanya, kamera memantulkan teks dari komputer yang dikendalikan operator. Kemudian kaca merekfleksikannya pada layar transparan di samping kiri dan kanan si orator.
Saat itu, tak banyak orang memperhatikan dua benda transparan di depan podium pidato sang Perdana Menteri. Perdana Menteri Mahatir juga beberapa kali menggunakannya di acara kenegaraan di Malaysia.



Silahkan Ungkapkan Komentar Anda di Bawah ini

nb : jika kotak komentar tidak muncul, tekan f5 atau reload halaman ini
Powered by Blogger.

Klik Jempolnya Dong
 
Semua artikel, gambar, video, dan berita yang ditampilkan di blog ini adalah milik masing-masing pemilik. Kami tidak memegang hak cipta. semua artikel ini telah dikumpulkan dari berbagai sumber publik termasuk website yang berbeda, mengingat sumber-sumber tersebut berada dalam domain publik. Jika anda keberatan dengan gambar dan berita apapun yang dimuat di zona unik, karena terkait HaKI, hak kepemilikan, mengandung unsur SARA, dan lain hal yang dapat merugikan anda ataupun orang lain, maka anda dapat mengirim email pemberitahuan kepada kami dan artikel/gambar tersebut akan segera dihapus, setelah klaimnya kami verifikasi