7 Minuman Keras Asli Indonesia

1. captikus

captikus

CapTikus merupakan minuman keras dariManado hasil penyulingan Sagoer.Sagoer sendiri adalah cairan yangdisadap dari pohon enau danmengandung sedikit kadar alkohol sekitar 5%.Setelah disuling dengancara tradisional, minuman khas Minahasa inimenjadi pendorong kerjauntuk kalangan petani. Namun saat ini Cap Tikuslebih menjadi saranapelampiasan dan mabuk-mabukan. Begitu berbahayanyaminuman ini hinggaorang-orang tua mengingatkan agar bisa menahan ataumengontrol minumminuman Cap Tikus. Sejak dulu pula dikenal pameomenyangkut Cap Tikus,minum satu seloki Cap Tikus, cukup untuk menambahdarah, dua selokibisa masuk penjara, dan minum tiga seloki bakal keneraka.

2. Tuak

tuak

Tuakmerupakan minuman keras khasIndonesia hasil fermentasi daribermacambuah. Bahan-bahan tuak biasanyaberas atau cairan yangdiambil daritanaman seperti nira kelapa atauaren, legen dari pohonsiwalan atautal, atau sumber lain. Di daerahBatak tuak dibuat daripohon aren yangmirip pohon kelapa maka seringdisebut bir panjat.Bar-bartradisionalyang menyediakan tuak disebutlapo tuak.Sebenarnya tuaktersebar dibegitu banyak daerah di Indonesiasehingga sering disebutdengannama-nama lain, namun tuak di sinimengacu pada minuman hasilfermentasi dari buah yang manis. Samasepertitemannya dari Manado tuakjuga sangat memabukkan dengan kadaralkoholyang lebih ringan. Disalah satu lapo tuak tertulis Segelastuakpenambah darah. 2 gelas,lancar bicara. 3 gelas, mulaitertawa-tawa. 4gelas, mencari gara-gara.5 gelas, hati membara. 6gelas, membuatperkara. 7 gelas, semakinmenggila. 8 gelas, membuatsengsara. 9 gelas,masuk penjara dan 10gelas, masuk neraka.

 

3. Arak Bali

arakbali-150x150

Miripdengan tuak, arak bali merupakanminuman keras hasil fermentasi darisari kelapa dan buah-buahan lain.Kadar alkoholnya 37-50%. Arak inidari namanya saja sudah jelas berasaldari Bali dan sering digunakandalam upacara-upacara adat. Dalam upacaramenghormati para dewataarakakan dituangkan ke daun pisang yang sudahdibentuk sepertitangkup dankemudian arak akan dicpiratkan tangan kanandenganbantuan sebuahbunga. Arak-arak untuk upacara biasanya mututerendahkarena arakterbaik akan diminum. Arak ini cukup populer jugadikalangan wisatawandi Bali dan salah satu resep cocktail yangterkenal adalah “arakattack” yaitu campuran Arak Bali dan orangejuice.Meskipun banyakturis mancanegara tidak akan terkesan denganrasa arakdibandingminuman keras dunia lainnya namun keberadaan ArakBali jelasmembantuseorang asing menikmati liburannya danmempromosikan pulaudewata.

4. Sopi

Sopi

Sopiadalah minuman keras asal Malukuyang dilarang di sana namun sudahsangat populer dan mendarah daging.Sopi sendiri merupakan fermentasidari pohon aren (jadi masih bersaudaradengan minuman keras Indonesialainnya) dan memiliki kadar alkoholdiatas 50%. Pembuatan Sopi yangmenghasilkan rasa khasnya adalahpenambahan bubuk akar Husor danpenggunaan bambu untuk penyulingan. Parapembuat Sopi tradisionalmeskipun terlarang sangatlah makmur sampaibisa menyekolahkan anak-anakmereka sampai ke bangku kuliah maka adasebutan di Maluku sudah adaorang yang menjadi profesor-profesor karenaSopi ini. Ada yang bilangrasa Sopi mirip Vodka.

5. Lapen

lapen-150x150

Nahminuman keras asal Yogyakarta inireputasinya sungguh buruk. CobasajaAnda cari di google mengenaiminuman ini, halaman awal akandidominasikisah-kisah tragis penegaklapen, dari kebutaan,kelumpuhan, sampaikematian massal. Namanya punsudah cukup sangarLapen merupakansingkatan dari “langsung pening”.Memang carapembuatannyapun akanmembuat kita geleng kepala. Alkohol98,5%dicampur 15 liter air mineralditambah gula dan pemanis lainnya,didiamkan 12 jam siap untukdikonsumsi. Anda yang jeli akan bertanyaalkohol apa yang dipakai?Disitulah masalahnya karena tidak jelas makaminuman ini seringterkontaminasi Methanol yang sangat beracun (bahankosmetik, pembersih,dll) yang akan menjadi asam di dalam tubuh danmenyerang sistem sarafterutama saraf mata. Lebih parahnya lagi diYogyakarta para pemuda yanghilang arah sering adu keberanian denganmencampur Lapen denganberbagai cairan lain untuk memperkuat rasanya,dan yang kami maksudcairan bukan hanya cairan minuman tapi bisakarbol,formalin, dan bahankimia apapun yang bisa Anda pikirkan.Tidak heranhalaman demi halamanpencarian google untuk “Lapen”dihiasi obituari danberitapengerebekan polisi.

6. Ciu

images

Ciu merupakan sebuah nama sebutan untukminuman keras khas dari daerahBanyumas dan Bekonang, Sukoharjo.Meskipun mungkin ada hubungannyatapitidak sama dengan Ang Ciu atauarak merah Cina. Di Banyumas Ciumerupakan hasil fermentasi dari berasdengan kadar alkohol mencapai50-90%. Di tempat ini Ciu illegal dandengan aktif diberantas olehpemerintah daerahnya. Di Bekonang di lainpihak, pembuatan Ciu inididukung oleh pemerintah daerahnya, sehinggamenjadi sangat populer dandipasarkan ke seluruh Karesidenan Surakarta,Surabaya hingga Madura.Pada jaman dahulu setiap ada hajatan malamnyapasti diikuti denganacara mabuk “Ciu Bekonang”. Ciu ini pembuatannyamenggunakan tape danketan sehingga hasil fermentasi dari singkong tidaksepertisaudaranyadi banyumas. Kedua Ciu tidak berwarna, bening danrasanyasangat kuat.

7. Anggur Orang Tua, BirBintang, Anker Beer, dan Minuman Keras Lokal Lainnya

orangtua-150x150

Meskipunmasih menjadi polemik danperdebatan di kalangan rohaniawan, minumankeras produksi skala besartelah menjadi bisnis yang sangat besar.Lihat saja grup orang tua yangdari anggur kolesomnya bisa merambahhingga ke bisnis makanan lain. Birproduksi dalam negeri (yang rasanyakalah jauh dengan bir luar negeri)juga populer di kalanganmasyarakatkecil. Minuman-minuman itu ada didaftar ini hanya karenamerekadibuatdi Indonesia meskipun kecil nilaitradisinya.



Silahkan Ungkapkan Komentar Anda di Bawah ini

nb : jika kotak komentar tidak muncul, tekan f5 atau reload halaman ini
Powered by Blogger.

Klik Jempolnya Dong
 
Semua artikel, gambar, video, dan berita yang ditampilkan di blog ini adalah milik masing-masing pemilik. Kami tidak memegang hak cipta. semua artikel ini telah dikumpulkan dari berbagai sumber publik termasuk website yang berbeda, mengingat sumber-sumber tersebut berada dalam domain publik. Jika anda keberatan dengan gambar dan berita apapun yang dimuat di zona unik, karena terkait HaKI, hak kepemilikan, mengandung unsur SARA, dan lain hal yang dapat merugikan anda ataupun orang lain, maka anda dapat mengirim email pemberitahuan kepada kami dan artikel/gambar tersebut akan segera dihapus, setelah klaimnya kami verifikasi